Laman

Pengamat: sistem penggajian pegawai perlu ditinjau

Padang (ANTARA News) - Pengamat Ekonomi dari Universitas Bung Hatta (UBH) Padang Dr. Syafrizal Chan berharap pemerintah meninjau kembali sistem penggajian pegawai Bank Indonesia, BUMN, PNS maupun lembaga negara lainnya karena ketimpangannya terlalu jauh.

"Penting peninjauan sistem gaji itu agar tidak terlalu jauh kesenjangan antara pegawai negeri, BUMN dan pegawai BI serta lembaga negara lainnya," kata Direktur Pascasarjana UBH itu kepada ANTARA di Padang, Senin.

Ia menyampaikan terkait gaji pegawai dan Dewan Gubernur BI meningkat tahun ini setelah DPR (Komisi XI) menyetujui kenaikan gaji pokok sebesar tiga persen.

Tahun ini gaji Gubernur BI yang saat ini Rp153 juta per bulan akan naik menjadi Rp158 juta lebih/bulan, belum termasuk tunjangan.

Syafrizal menilai, saat ini begitu besar kesenjangan antara gaji Dewan Gubernur BI dibandingkan pegawai atau pejabat pada institusi pemerintahan yang lain.

Hanya untuk gaji pegawai dan pejabat BI, tambahnya, menyedot anggaran neraga mencapai Rp2,1 triliun pada 2012, atau naik dibandingkan tahun lalu senilai Rp1,9 triliun.

Menurut dia, kenyataan ini sangat melukai hati masyarakat di tengah kondisi masih banyaknya rakyat di negeri ini hidup serba tak berkecukupan atau berada di bawah garis kemiskinan.

Padahal, kalau dilihat secara umum tugas pegawai dan Dewan Gubernur BI yakni menjaga inflasi, nilai tukar rupiah dan menjaga cadangan devisa agar tetap pada kisaran aman.

Sementara itu, apabila dinilai tugas dan fungsi institusi lain tak kalah berat dan kompleks, bahkan berhubungan langsung dengan persoalan kemasyarakatan, tapi gaji yang diterimanya ada yang pas-pasan.

"Kita lihat saja aparat kepolisian, TNI dan PNS yang sejak pagi sampai sore berhadapan langsung dengan urusan masyarakat sesuai peran dan fungsi masing-masing, tapi kenyataannya gaji masih jauh dari harapan," katanya.

Justru itu, tambahnya, pemerintah dan DPR harus melihat secara menyeluruh dalam sistem penggajian di negeri ini agar ketimpangan tidak terlalu jauh.

(KR-SA/R007)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

13 Feb, 2012


-
Source: http://www.antaranews.com/berita/297118/pengamat-sistem-penggajian-pegawai-perlu-ditinjau
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment

Mau komentar atau tidak terserah anda!